Menu

Manfaat Minum Bir Bagi Kesehatan. Ternyata Banyak yang Belum Tahu!

manfaat minum bir


Manfaat minum bir sesungguhnya bisa kamu rasakan, asal tidak dikonsumsi secara berlebihan. Ya, banyak orang menyadari bahwa bir menjadi salah satu minuman yang paling digemari di dunia.

 

Mulai dari bir ringan yang menyegarkan hingga bir hitam pekat, serta varian bir lainnya memiliki penggemarnya masing-masing. Tak dapat dipungkiri, bir seringkali dinikmati dalam keramaian,w alau pun tak sedikit pula yang menikmati seorang diri.

 

Jika selama ini kamu hanya melihat dampak negatif dari minuman beralkohol ini, saatnya kamu menyimak ulasan ini hingga selesai :)

 

Apa itu Bir?

Bir adalah salah satu minuman beralkohol tertua di dunia yang digemari oleh banyak orang. "Bir" dalam bahasa Indonesia atau "beer" dalam bahasa Inggris dapat dimaknai sebagai minuman beralkohol yang dibuat dari fermentasi biji-bijian, terutama malt yang berasal dari barley, yang diberi rasa dengan hop (sejenis bunga) untuk memberikan rasa pahit dan aroma.

 

Proses pembuatan bir melibatkan beberapa langkah, termasuk malting, mashing, fermentasi, dan pematangan. Klasifikasi bir sendiri biasanya dibedakan berdasarkan metode pembuatan, bahan yang digunakan, dan rasa yang dihasilkan. Beberapa jenis bir yang populer termasuk lager, ale, stout, dan pilsner.

 

Lager, Ale, Pilsner, Stout, Cider, Draught Beer, Barley Beer, Flavour Beer adalah beberapa jenis bir yang populer.

 

Apakah Bir itu Berbahaya?

Bir dan minuman beralkohol lainnya akan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan atau tidak bertanggung jawab. Selain memicu beberapa penyakit berbahaya, minuman beralkohol juga berpotensi menyebabkan obesitas, kecanduan, depresi, kecemasan juga efek jangka panjang yang tak baik.

 

Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah moderat (sesuai pedoman kesehatan, yaitu sekitar satu gelas untuk wanita dan dua gelas untuk pria per hari), bir biasanya aman dikonsumsi oleh orang dewasa. Jika dikonsumsi sesuai takaran yang direkomendasikan dan mau tanggung jawab tentu kamu akan tetap aman saat mengonsumsi bir.


Tak hanya itu, ternyata ada pula manfaat minum bir yang baik bagi kesehatan kamu, loh! Apa saja itu?

 

Inilah Manfaat Minum Bir bagi Kesehatan

Bir menawarkan beberapa manfaat kesehatan luar biasa yang mungkin tidak kita ketahui.  Mulai dari melancarkan pencernaan hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Berikut ini adalah beberapa manfaat minum bir bagi kesehatan yang jarang orang ketahui!

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Mengonsumsi bir dalam takaran sedang ternyata dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Bir mengandung antioksidan, terutama flavonoid dan asam fenolik, yang telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Wah, siapa nih yang baru tahu?

2. Mengurangi Risiko Diabetes

Penelitian telah menemukan bahwa konsumsi bir dalam jumlah sedang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Jadi, potensi terkena diabetes tipe 2 dapat berkurang.

3. Baik untuk Kesehatan Tulang

Bir merupakan sumber silikon makanan, mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum bir dalam jumlah sedang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko penyakit penipisan tulang, osteoporosis.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Konsumsi bir ternyata dapat meminimalkan tingkat stres dan kecemasan, bahkan membuat suasana hati yang lebih baik, serta terhindar dari berbagai masalah kesehatan mental.

5. Meningkatkan Pencernaan

Ternyata bir mengandung asam pahit yang bermanfaat merangsang produksi enzim pencernaan dan meningkatkan pemecahan makanan.

 

Nah, ternyata konsumsi bir dalam jumlah sedang telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan yang baik sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

 

Tempat Nge-bir asyik di United States

Di kota Spurce Pine, kamu akan menemukan sebuah produsen bir yang cukup populer dan telah beroperasi sejak tahun 2021. Terletak di 127 Locust St. Spruce Pine, NC, kamu bisa kunjungi Bierdock Brewery untuk memilih berbagai jenis bir favorit dengan citarasa tinggi.

 

Tempat ini menawarkan kehidupan modern jaman sekarang dengan aneka kebutuhan akan bir yang kaya dengan aroma, warna serta rasa yang unik. Jadi, kamu berminat mampir kesini? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Tayangan Halaman