Menu

Penyakit Musim Hujan yang Wajib Kamu Waspadai!

 

Penyakit musim hujan
Penyakit musim hujan yang harus diwaspadai (freepik.com)

Penyakit musim hujan yang wajib kamu waspadai memang membutuhkan perhatian khusus. Apalagi saat ini sudah mulai turun hujan, bahkan di beberapa tempat curah hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan terjadinya banjir.

 

Ya, banyaknya genangan air, hawa dingin, serta melakukan kontak dengan orang atau benda yang telah terkontaminasi virus ternyata menjadi penyebab mengapa banyak orang mudah tertular penyakit di musim hujan, termasuk kamu.

 

Jadi, bagaimana mengantisipasinya? Yuk baca ulasan ini sampai akhir ya :)

 

Bakteri, Virus dan Parasit Lebih Cepat Berkembang Biak di Musim Hujan

 

Apakah kamu merasa bahwa saat musim hujan datang, kita lebih rentan terkena penyakit? Tampaknya ini bukan isapan jempol belaka karena hujan memang berpotensi mengadirkan beberapa penyakit infeksius karena ulah bakteri, virus maupun parasit.

 

Musim hujan sendiri akan membuat kelembaban udara tinggi sehingga mikroorganisme akan mudah tumbuh, tak terkecuali bakteri, virus juga parasit. Genangan air karena hujan juga memudahkan nyamuk beranak-pinak sehingga rentang menularkan penyakit.

 

Tak hanya itu, kurangnya sinar matahari karena mendung bisa mengurangi produksi vitamin D yang bagus untuk kekebalan tubuh. Bahkan pencemaran air pun seringkali terjadi saat musim hujan sehingga menurunkan kualitas air minum.

 

Lalu, penyakit musim hujan tuh apa aja & bagaimana mengantisipasinya?

 

Penyakit Musim Hujan yang Suka Muncul Tiba-tiba

 

Musim hujan mudah sakit, ini memang harus selalu kamu waspadai. Nah, untuk melindungi diri dari penyakit yang tidak diinginkan, kamu harus tahu beberapa penyakit berikut ini.

 

1. Flu

Flu disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan. Ini memang merupakan penyakit yang umum dan ringan, namun jika terjadi komplikasi bisa memicu pneumonia yang berbahaya. Cara antisipasinya adalah rajin cuci tangan serta memakai hand sanitizer.

 

2. Diare

Penyebab utama diare adalah mengonsumsi makanan atau air yang mungkin terkontaminasi oleh virus, bakteri atau parasit. Nah, gejala utamanya adalah feses yang cair (bahkan berdarah), demam juga kram perut.

Antisipasi penyakit ini dengan makan menggunakans endok, rajin mencucui tangan serta konsumsi makanan matang.

 

3. Leptospirosis

Penyakit musim hujan lainnya adalah Leptospirosis yang disebabkan oleh bakteri. Gejalanya adalah demam, sakit kepala, nyeri otot terutama pada betis dan paha, serta muntah-muntah.

Jika sudah parah bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal, meningitis, bahkan kematian. Antisipasinya adalah segera cuci tangan dengan air mengalir jika terciprat genangan air di jalan.

 

4. Demam Berdarah

Penyakit DB atau Demam Berdarah memang sudah familiar di kalangan kita, dimana ini ditularkan oleh nyamuk Aedes yang suka kelembaban. Penderita akan mengalami demam dan nyeri otot selama 2-7 hari dengan kondisi tangan & kaki yang dingin.

Antisipasinya adalah hindari daerah yang disukai nyamuk, gunakan obat nyamuk serta pola hidup sehat sebagai perlindungan.

 

5. Tipes (Demam Tifoid)

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang mencemari makanan dan minuman. Gejala yang dirasakan adalah sembelit, diare, sakit perut, nyeri otot, keluar keringat berlebih, mudah lelah juga sakit kepala.

Antisipasinya adalah konsumsi makanan sehat, sering mencuci tangan & pola hidup yang sehat.

 

Waspada! Musim hujan mudah sakit
Musim hujan mudah sakit (freepik.com)

Curah Hujan Tinggi di Beberapa Daerah Wajib Diantisipasi

 

Di beberapa tahun terakhir, ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi, diantaranya adalah di pulau Sumatera, terutama Sumatera Utara.

 

Bahkan dari data yang lalu, salah satu Kabupaten di Sumatera Utara, Humbang Hasundutan, diminta waspada terkait prakiraan cuaca BMKG, dimana area ini berpotensi hujan dengan intensitas rendah hingga tinggi selama beberapa waktu.

 

Kantor Bupati Humbang Hasundutan, Sumatera Utara bahkan sempat memberikan pesan mitigasi dan kesiapsiagaan apabila terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi dalam durasi lebih dari satu jam, maka masyarakat yang tinggal di wilayah zona merah maupun di lereng tebing agar segera evakuasi secara mandiri ke tempat yang lebih aman.

 

Dalam kondisi demikian, tak dapat dipungkiri bahwa potensi munculnya penyakit di musim hujan ini juga tinggi. Tak perlu khawatir berlebih, cukup memahami apa penyakit musim hujan dan bagaimana mengantisipasinya.

 

Oleh karenanya, diperlukan edukasi oleh beberapa pihak agar masyarakat siaga menghadapi penyakit serta mengusahakan pengobatan intensif untuk masyarakat yang sakit.

 

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Humbang Hasundutan Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

 

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) adalah organisasi profesi yang menaungi para ahli farmasi di seluruh Indonesia.  PAFI sejak awal berdiri hingga hari ini dijadikan sebagai wadah untuk menghimpun Semua Tenaga yang Bakti Karyanya di bidang Farmasi, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia.

 

Organisasi ini merupakan organisasi profesi yang bersifat kekaryaan & pengabdian. Salah satu cabangnya yang berperan aktif dalam membangun kesehatan masyarakat lokal adalah PAFI Humbang Hasundutan dengan website resminya di pafihumbanghasundutan.org.

 

Sejak awal berdirinya, organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para ahli farmasi di Kabupaten Humbang Hasundutan. Beberapa dukungan yang diberikan PAFI Humbang Hasundutan adalah edukasi kesehatan tentang penyakit, termasuk penyakit yang datang di musim hujan.

 

Selain itu juga memastikan ketersediaan obat dan pelayanan farmasi yang memadai untuk masyarakatnya sehingga dapat mengcover kebutuhan di masa-masa darurat, termasuk saat musim hujan.

 

Fasilitas Kesehatan Kabupaten Humbang Hasundutan meningkat Sejak PAFI berbaur dengan masyarakatnya.

 

Jika ingin tahu tentang informasi layanan kesehatan secara lengkap, kamu bisa mampir ke office PAFI yang beralamat di Jl. Bumi Bahti, Sirisirisi, Kec. Dolok sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, 22457.

 

Itulah  Penyakit Musim Hujan yang Wajib Kamu Waspadai! Yuk jaga kesehatan di musim penghujan. Jangan lupa berolahraga dan terapkan pola hidup sehat :)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Tayangan Halaman